Kamis, 08 Oktober 2015

Membuat Efek Antar Gelombang di Photoshop

Share it Please
Tutorial Photoshop, Kali ini kita akan  mempelajari bagaimana cara membuat efek photoshop yang menarik dengan menerapkan sebuah pola antargelombang pada foto tersebut, tapi lebih tampaknya kita akan lebih familiar dengan sebutan pola anyaman ketupat.
Berikut ini adalah foto yang saya gunakan untuk tutorial ini :
0. objek
1. Crop Image menjadi bentuk kotak
Hal pertama yang perlu kita lakukan untuk buat efek ini adalah dengan crop image menjadi bentuk persegi, sekalipun kita bisa melewati langkah ini dan tetap menggunakan ukuran 4X6  atau ukuran berapapun, tapi hasilnya akan lebih bagus dalam bentuk kotak, so.. lets crop it!
Kita gunakan Crop Tool  di Photoshop.
1. Panel Tools
Kita juga bisa menekan huruf ‘C’ pada keyboard sebagai shortcut. Dengan posisi crop tool aktif, lakukan drag dan kearah sudut kanan bawah.
2. Cropping
2. Duplicate Background Layer Sebanyak Dua Kali
Well.. langkah berikut yang perlu kita lakukan adalah membuat double duplikat dari image tersebut dengan meng-copy background layer melalui shortcut Ctrl+J atau dari menu Layer -> Duplicate Layer…, kemudian kita beri nama masing-masing layer ‘Vertikal’ & ‘Horizontal’.
3. Duplicate Layer
4. Duplicate Layer2
3. Ubah Warna Background Layer dengan Warna Hitam
Aktifkan Background Layer  kemudian Ganti warna Background Layer pada menu Edit -> Fill maka akan muncul dialog box Fill, pada frame Contents->use Pilih Black lalu klik OK.
5. Fill background black
4. Sembunyikan Layer Vertikal untuk Sementara
Kita akan membuat Strip pada layer pertama atau layer Horizontal terlebih dahulu dan menyembunyikan layer Vertikal untuk sementara waktu dengan cara mengklik Icon bola mata /Eyeball Icon, Saat Icon tersebut muncul, kita tidak dapat melihat perubahan apapun, nah untuk melihat perbedaan disetiap layer, kita muncul/sembunyikan icon tersebut.
6. hidden layer
5. Buat Garis Bantu untuk Membuat Grid
Selanjutnya kita akan membuat strip Horizontal dan Vertikal, namun dalam hal ini, kita membutuhkan garis bantu untuk membentuk grid untuk layer horizontal, untuk itu kita perlu mengaktifkan mode Rules dengan menekan Ctrl+R atau menu View -> Rules, kemudian atur satuan ukuran yang digunakan menjadi millimeter dengan mengklik kanan pada area putih Rules.
7. show rules
Kemudian kita buat garis bantu berinterval 9 – 2, 8 – 2, dengan mengklik dan drag bagian rules paling atas ke bawah hingga membentuk pola seperti ini :
8. Grid Horiz
6. Buat Seleksi Horizontal
Kita buat seleksi pada pola yang sudah dibuat, dengan layer aktif Horizontal, kita aktifkan Rectangular Marquee Tool pada panel tool sebelah kiri atau dengan klik ‘M’ untuk shorcutnya. Lalu posisikan kursor pada sudut kiri atas, seleksi hingga kanan bawah atau sudut diagonal pada pola ‘9’, lakukan hal serupa pada pola di bawahnya sambil menekan ‘Shift’ dan Drag hingga semua pola ‘9’ terseleksi.
9. drag grid
 7Tambahkan Layer Mask
Dengan semua bagian yang sudah terseleksi maka selanjutnya kita tambahkan “Layer Mask”
10. Add Layer mask
8. Tampilkan Layer Vertikal dan Buat Seleksi Vertikal
Sampai disini kita sudah selesai membuat strip horizontal, selanjutnya dengan proses yang sama seperti langkah ke 5, kita akan membuat strip pada layer vertical, namun sebelum itu, kita aktifkan kembali layer vertikal dengan mengklik icon ‘Eyeball’.
11. unhide & vertikal guideline
Setelah pola strip selesai dibuat, kemudian klik icon “Add Layer Mask” hingga membentuk kotak kecil kosong seperti berikut ini :
12. Add layer mask2
9. Pilih Semua Seleksi ‘Intersections Point’
Selanjutnya sambil menekan bersamaan Ctrl+Alt+click->Layer Mask Thumbnail pada Layer Horizontal maka akan terseleksi selection horizontal, kemudian tekan kembali secara bersamaan Ctrl+Alt+Click->Layer Mask Thumbnail pada layer Vertikal sehingga membentuk Selection seperti berikut.
13. Intersect Selection
Jika sudah selectionnya sudah terbentuk, maka kita simpan seleksi tersebut melalui menu Select – > Save Selection…
14. Save selection
10. Hilangkan Seleksi pada Setiap Kotak yang Terseleksi
Dari seleksi yang ditampilkan seluruhnya, kita akan menghilangkan bagian seleksi dengan men-Deselect hingga membentuk seleksi seperti dibawah ini, dengan cara menekan Alt+drag area yang akan di deselect.
15. Deselect selection
Jika polanya sudah terbentuk, aktifkan layer thumbnail Horizontal lalu tekan Ctrl+J, maka akan terbentuk pola baru sesuai seleksi.
16. copy layer
Setelah layer baru dibuat, kita buat “Clipping Mask” dengan menekan Ctrl+Alt+G.
17. clipping mask
11.  Tampilkan Kembali Seleksi yang disimpan
Aktifkan Layer thumbnail Vertikal dan tekan Ctrl+Alt+4, untuk me-reload  selection yang tadi kita simpan.
12Hilangkan Seleksi terpilih berlawanan dengan seleksi sebelumnya
Sama seperti pada langkah 10, kita akan men-deselect / menghilangkan kembali bagian selection berlawanan dengan selection yang sebelumnya kita hilangkan dengan menekan Ctrl+Alt+Drag.
18. Deselect selection2
13. Copy Seleksi ke Layer Baru
Jika proses Deselect selesai maka tekan Ctrl+J untuk menduplikat ke layer baru lalu kemudian pada posisi layer yang baru saja di buat, tekan Ctrl+Alt+G untuk membuat ‘Clipping Mask’.
19. Copy Layer2
14. Tambahkan Style  ‘Outer Glow Layer’
Buat Style dengan mengklik kanan ‘Layer 1’ , pilih Checkbutton Outer Glow  dengan nilai Blend Mode ->Overlay, Opacity -> 100%, Color->Black dan Size -> 40px.
20. blending options
15. Copy Paste Style ke layer ‘Layer 2’
Lakukan pengcopian Style dari layer 1 ke layer 2 dengan men-drag dan drop di layer 2.
21. copy style
and ‘d final result….
IMG_0608_result  

Sumber:https://lentinganjariku.wordpress.com/2013/04/23/membuat-efek-antar-gelombang-di-photoshop/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

ADs

Follow The Author